Pengertian Organisasi dan Macam-macam Organisasi
Teori Organisasi Umum
Tugas 1:
1. Jelaskan pengertian organisasi & macam-macam organisasi
2. Gambarkan Bagan Struktur Organisasi
3. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kegiatan organisasi
Jawaban:
1. Organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan.
Pada dasarnya pengertian organisasi dapat dibedakan menjadi 2 macam
yaitu organisasi dalam arti statis dan organisasi dalam arti dinamis.
Terdapat hubungan erat antara manajemen, organisasi dan metode (tata
kerja). Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada
tercapainya tujuan secara efisien.
- Manajemen, yaitu adalah Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja Sama antar manusia.
- Organisasi, yaitu adalah Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokan
- Tata Kerja, yaitu adalah Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja Sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
2. Dalam Bagan Struktur Organisasi terdapat bermacam-macam bentuk dan
tipe. Tetapi, yang paling dikenal dan digunakan diantaranya ada tiga
macam bentuk, yaitu:
a. Piramida Mendatar (flat)
i. Ciri-ciri:
1. Jumlah satuan organisasi tidak banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki kewenangan sedikit.
2. Jumlah pekerja (bawahan) yang harus dikendalikan cukup banyak
3. Format jabatan untuk tingkat pimpinan sedikit karena jumlah pimpinan relatif kecil.
b. Piramida Terbalik
i. Organisasi Piramida terbalik salah satu unit dari tipe piramida
terbalik ialah jumlah jabatan pimpinan lebih besar daripada jumlah
pekerja. Organisasi ini hanya cocok untuk organisasi-organisasi yang
pengangkatan pegawainya berdasarkan atas jabatan fungsional seperti
organisasi-organisasi/ lembaga-lembaga penilitian & lembaga
pendidikan.
c. Tipe Kerucut
i. Ciri-ciri organisasi dari tipe kerucut:
1. Jumlah satuan organisasi banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki/ kewenangan banyak.
2. Rentang kendali sempit
3. Perlimpahan wewenang dan tanggung jawab dapat dilakukan sampai kepada pejabat/ pimpinan yang bawah/rendah.
4. Jarak antara pimpinan tingkat atas dengan pimpinan tingkat bawah terlalu jauh.
5. Jumlah informasi jabatan cukup besar.
d. Bentuk Organisasi
i. Memandang organisasi dari segi tata hubungan, wewenang dan tanggung jawab yang ada oleh organisasi
e. Pengertian bentuk organisasi sering disamakan dengan tipe organisasi,
padahal keduanya berbeda. Menurut tipenya organisasi dibedakan menjadi
dua macam, yaitu organisasi dengan tipe piramid dan organisasi dengan
tipe kerucut. Bentuk organisasi memandang dari segi tata hubungan,
wewenang (authority), dan tanggung jawab (responsibility), yang ada
dalam suatu organisasi.
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan organisasi:
Konflik Organisasi
- Pengertian Konflik
- Jenis-jenis konflik
- Sumber-sumber Konflik
- Strategi Penyelesaian Konflik
- Pengertian Motivasi
- Teori-teori Motivasi
Pengertian Konflik
Konflik adalah segala macam interaksi pertentangan atau antogonistik antara dua atau lebih pihak.
Jenis-jenis Konflik:
a. Konflik peranan yang terjadi didalam diri seseorang (person-role conflict)
b. Konflik antar peranan (inter-role conflict)
c. Konflik yang timbul karena seseorang harus memenuhi harapan beberapa orang (intesender conflict)
d. Konflik yang timbul karena disampaikannya informasi yang saling bertentangan (intrasender conflict)
Konflik juga dapat dibedakan menurut pihak-pihak yang saling bertentangan, atas dasar hal ini, ada 5 Jenis konflik, yaitu:
a. Konflik dalam diri individu
b. Konflik antar individu
c. Konflik antar individu dan kelompok
d. Konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama
e. Konflik antar organisasi
Sumber-sumber Konflik:
a. Kebutuhan untuk membagi (sumber daya-sumber daya) yang terbatas.
b. Perbedaan-perbedaan dalam berbagai tujuan.
c. Saling ketergantungan kegiatan-kegiatan kerja.
d. Perbedaan nilai-nilai atau persepsi
e. Kemandirian organisasional
f. Gaya-gaya individual
Strategi Penyelesaian Konflik
Ada 3 strategi dasar:
a. Kalah - kalah
b. Menang - Kalah
c. Menang - menang.
Pengertian Motivasi:
Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan
individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai suatu
tujuan, Motivasi dapat dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu:
a. Motivasi Fisiologis
b. Motivasi Psikologis.
Teori-teori Motivasi:
a. Teori X dan Teori Y oleh McGregor:
a. Anggapan-anggapan yang mendasari teori X:
1. Rata-rata para pekerja itu malas, tidak suka bekerja dan Akan menghindarinya bila dapat.
2. Karena pada dasarnya pekerja tidak suka bekerja, maka harus dipaksa,
dikendalikan, diperlakukan dengan hukuman, dan diarahkan untuk
pencapaian tujuan organisasi.
3. Rata-rata para pekerja lebih senang dibimbing, berusaha menghindari
tanggung jawab, mempunyai ambisi yang kecil, keamanan dirinya di atas
segala-galanya.
Teori-Teori Motivasi
Anggapan-anggapan yang mendasari teori Y:
1. Usaha fisik dan mental yang dilakukan manusia dalam bekerja adalah
kodrat manusia, sama halnya dengan bermain atau beristirahat.
2. Rata-rata manusia bersedia belajar, dalam kondisi yang layak, tidak hanya menerima tetapi mencari tanggung-jawab.
3. Ada kemampuan yang besar dalam kecerdikan, kreativitas dan daya
imajinasi untuk memecahkan masalah-masalah organisasi yang secara luas
tersebar pada seluruh karyawan.
4. Pengendalian ekstern dan hukuman bukan satu-satunya cara untuk mengarahkan usaha pencapaian tujuan organisasi.
5. Keterikatan pada tujuan organisasi adalah fungsi penghargaan yang diterima karena prestasinya dalam pencapaian tujuan itu.
6. Organisasi seharusnya memberikan kemungkinan orang untuk mewujudkan potensinya, dan tidak hanya digunakan sebagian.
b. Teori Hirarki Kebutuhan Maslow
Menurut Maslow ada 5 kebutuhan dasar manusia yang membentuk hirarki kebutuhan, yaitu:
1. Kebutuhan Fisiologis
2. Kebutuhan Keamanan
3. Kebutuhan Sosial
4. Kebutuhan Penghargaan
5. Kebutuhan Aktualisasi Diri
c. Teori Motivasi Berprestasi Mc Clelland
Menurut Mc Clelland, seseorang dianggap mempunyai motivasi prestasi yang
tinggi, apabila dia mempunyai keinginan untuk berprestasi lebih baik
dari pada yang lain dalam banyak situasi. Mc Clelland memusatkan
perhatiannya pada tiga kebutuhan manusia, yaitu:
1. Kebutuhan Prestasi
2. Kebutuhan Afiliasi
3. Kebutuhan Kekuasaan.
d. Teori Motivasi Dua faktor Herzberg
Menurut Herzberg ada dua faktor yang mempengaruhi motivasi kerja
seseorang dalam organisasi, yaitu pemuas kerja (Job Satisfier) yang
berkaitan dengan isi pekerjaan dan penyebab ketidakpuasan kerja (Job
Dissastifiers) yang bersangkutan dengan suasana pekerjaan Satisfiers
disebar motivators dan dissatifiers disebut faktor-faktor yang
higienis.
Rangkuman
Sumber-sumber konflik organisasional sebagian besar merupakan hasil
dinamika interaksi individual dan kelompok serta proses-proses
psikologis, untuk menyelesaikan konflik yang terjadi pimpinan dapat
melakukan tindakan alternatif seperti dibawah ini, tergantung pada
situasi dan kondisi yang ada. Tindakan alternatif tersebut adalah
menggunakan kekuasaan, konfrontasi, kompromi, menghaluskan situasi, dan
pengunduran diri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar