Selasa, 09 Oktober 2012

Pengertian Organisasi dan Macam-macam Organisasi

Teori Organisasi Umum 
Tugas 1:
1. Jelaskan pengertian organisasi & macam-macam organisasi 
2. Gambarkan Bagan Struktur Organisasi 
3. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kegiatan organisasi 
Jawaban: 
1. Organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Pada dasarnya pengertian organisasi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu organisasi dalam arti statis dan organisasi dalam arti dinamis. Terdapat hubungan erat antara manajemen, organisasi dan metode (tata kerja). Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien. 

  • Manajemen, yaitu adalah Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja Sama antar manusia. 
  • Organisasi, yaitu adalah Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokan 
  • Tata Kerja, yaitu adalah Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja Sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
2. Dalam Bagan Struktur Organisasi terdapat bermacam-macam bentuk dan tipe. Tetapi, yang paling dikenal dan digunakan diantaranya ada tiga macam bentuk, yaitu: 

a. Piramida Mendatar (flat) 
i. Ciri-ciri: 
1. Jumlah satuan organisasi tidak banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki kewenangan sedikit. 
2. Jumlah pekerja (bawahan) yang harus dikendalikan cukup banyak 
3. Format jabatan untuk tingkat pimpinan sedikit karena jumlah pimpinan relatif kecil. 
b. Piramida Terbalik 
i. Organisasi Piramida terbalik salah satu unit dari tipe piramida terbalik ialah jumlah jabatan pimpinan lebih besar daripada jumlah pekerja. Organisasi ini hanya cocok untuk organisasi-organisasi yang pengangkatan pegawainya berdasarkan atas jabatan fungsional seperti organisasi-organisasi/ lembaga-lembaga penilitian & lembaga pendidikan. 
c. Tipe Kerucut 
i. Ciri-ciri organisasi dari tipe kerucut: 
1. Jumlah satuan organisasi banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki/ kewenangan banyak. 
2. Rentang kendali sempit 
3. Perlimpahan wewenang dan tanggung jawab dapat dilakukan sampai kepada pejabat/ pimpinan yang bawah/rendah. 
4. Jarak antara pimpinan tingkat atas dengan pimpinan tingkat bawah terlalu jauh. 
5. Jumlah informasi jabatan cukup besar. 
d. Bentuk Organisasi
i. Memandang organisasi dari segi tata hubungan, wewenang dan tanggung jawab yang ada oleh organisasi 
e. Pengertian bentuk organisasi sering disamakan dengan tipe organisasi, padahal keduanya berbeda. Menurut tipenya organisasi dibedakan menjadi dua macam, yaitu organisasi dengan tipe piramid dan organisasi dengan tipe kerucut. Bentuk organisasi memandang dari segi tata hubungan, wewenang (authority), dan tanggung jawab (responsibility), yang ada dalam suatu organisasi. 
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan organisasi:
Konflik Organisasi 
  • Pengertian Konflik
  • Jenis-jenis konflik 
  • Sumber-sumber Konflik
  • Strategi Penyelesaian Konflik
  • Pengertian Motivasi 
  • Teori-teori Motivasi 

Pengertian Konflik
Konflik adalah segala macam interaksi pertentangan atau antogonistik antara dua atau lebih pihak. 
Jenis-jenis Konflik:
a. Konflik peranan yang terjadi didalam diri seseorang (person-role conflict) 
b. Konflik antar peranan (inter-role conflict) 
c. Konflik yang timbul karena seseorang harus memenuhi harapan beberapa orang (intesender conflict) d. Konflik yang timbul karena disampaikannya informasi yang saling bertentangan (intrasender conflict) 
Konflik juga dapat dibedakan menurut pihak-pihak yang saling bertentangan, atas dasar hal ini, ada 5 Jenis konflik, yaitu: 
a. Konflik dalam diri individu 
b. Konflik antar individu 
c. Konflik antar individu dan kelompok 
d. Konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama 
e. Konflik antar organisasi 
Sumber-sumber Konflik:
a. Kebutuhan untuk membagi (sumber daya-sumber daya) yang terbatas. 
b. Perbedaan-perbedaan dalam berbagai tujuan. 
c. Saling ketergantungan kegiatan-kegiatan kerja. 
d. Perbedaan nilai-nilai atau persepsi 
e. Kemandirian organisasional 
f. Gaya-gaya individual 
Strategi Penyelesaian Konflik 
Ada 3 strategi dasar: 
a. Kalah - kalah 
b. Menang - Kalah 
c. Menang - menang. 
Pengertian Motivasi:
Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan, Motivasi dapat dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu: 
a. Motivasi Fisiologis 
b. Motivasi Psikologis. 
Teori-teori Motivasi:
a. Teori X dan Teori Y oleh McGregor: 
a. Anggapan-anggapan yang mendasari teori X: 
1. Rata-rata para pekerja itu malas, tidak suka bekerja dan Akan menghindarinya bila dapat. 
2. Karena pada dasarnya pekerja tidak suka bekerja, maka harus dipaksa, dikendalikan, diperlakukan dengan hukuman, dan diarahkan untuk pencapaian tujuan organisasi. 
3. Rata-rata para pekerja lebih senang dibimbing, berusaha menghindari tanggung jawab, mempunyai ambisi yang kecil, keamanan dirinya di atas segala-galanya. 
Teori-Teori Motivasi Anggapan-anggapan yang mendasari teori Y: 
1. Usaha fisik dan mental yang dilakukan manusia dalam bekerja adalah kodrat manusia, sama halnya dengan bermain atau beristirahat. 
2. Rata-rata manusia bersedia belajar, dalam kondisi yang layak, tidak hanya menerima tetapi mencari tanggung-jawab. 
3. Ada kemampuan yang besar dalam kecerdikan, kreativitas dan daya imajinasi untuk memecahkan masalah-masalah organisasi yang secara luas tersebar pada seluruh karyawan. 
4. Pengendalian ekstern dan hukuman bukan satu-satunya cara untuk mengarahkan usaha pencapaian tujuan organisasi. 
5. Keterikatan pada tujuan organisasi adalah fungsi penghargaan yang diterima karena prestasinya dalam pencapaian tujuan itu. 
6. Organisasi seharusnya memberikan kemungkinan orang untuk mewujudkan potensinya, dan tidak hanya digunakan sebagian. 
b. Teori Hirarki Kebutuhan Maslow Menurut Maslow ada 5 kebutuhan dasar manusia yang membentuk hirarki kebutuhan, yaitu: 
1. Kebutuhan Fisiologis 
2. Kebutuhan Keamanan 
3. Kebutuhan Sosial 
4. Kebutuhan Penghargaan 
5. Kebutuhan Aktualisasi Diri 
c. Teori Motivasi Berprestasi Mc Clelland 
Menurut Mc Clelland, seseorang dianggap mempunyai motivasi prestasi yang tinggi, apabila dia mempunyai keinginan untuk berprestasi lebih baik dari pada yang lain dalam banyak situasi. Mc Clelland memusatkan perhatiannya pada tiga kebutuhan manusia, yaitu: 
1. Kebutuhan Prestasi 
2. Kebutuhan Afiliasi 
3. Kebutuhan Kekuasaan. 
 d. Teori Motivasi Dua faktor Herzberg 
Menurut Herzberg ada dua faktor yang mempengaruhi motivasi kerja seseorang dalam organisasi, yaitu pemuas kerja (Job Satisfier) yang berkaitan dengan isi pekerjaan dan penyebab ketidakpuasan kerja (Job Dissastifiers) yang bersangkutan dengan suasana pekerjaan Satisfiers disebar motivators dan dissatifiers disebut faktor-faktor yang higienis. 
Rangkuman 
Sumber-sumber konflik organisasional sebagian besar merupakan hasil dinamika interaksi individual dan kelompok serta proses-proses psikologis, untuk menyelesaikan konflik yang terjadi pimpinan dapat melakukan tindakan alternatif seperti dibawah ini, tergantung pada situasi dan kondisi yang ada. Tindakan alternatif tersebut adalah menggunakan kekuasaan, konfrontasi, kompromi, menghaluskan situasi, dan pengunduran diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar